Parenting: Bahaya Bermain Youtube Bagi Anak-Anak - meganboley
IBX5AB36C51261CE

Rabu, 30 Mei 2018

Parenting: Bahaya Bermain Youtube Bagi Anak-Anak


Banyak orang tua yang menggunakan media youtube untuk menenangkan anak-anak. Jika dilakukan terus menerus akan membuat anak kecanduan. Internet memang memiliki sisi negatif dan positifnya. Oleh karena itu, orang tua harus bisa mengajarkannya dengan baik. di youtube kita bisa menemukan banyak video. Termasuk video yang tidak pantas untuk anak-anak. Banyak konten negatif yang buruk bagi perkembangan anak. Oleh karena itu, orang tua bisa melakukan tips parenting melindungi anak-anak dari bahaya youtube
 
purekids
Aktifkan Restricted Mode

Untuk membatasi konten negatif di youtube, anda bisa mengaktifkan restricted mode. Fitur ini digunakan untuk menyaring konten negatif dari halaman utama youtube. Konten yang tidak pantas untuk anak-anak, tidak bisa dibuka bila anda mengaktifkan mode ini. Caranya mengaktifkannya, dengan masuk ke menu general kemudian pilih restricted mode, ubah menjadi on. 

Report Video Konten Negatif

Bila anda sudah mengaktifkan restricted mode, tetapi tetap muncul konten negatif. Anda bisa report video tersebut. Ada banyak sekali konten negatif di internet. Seperti kekerasan, kejahatan, provokasi dan lainnya. Bahkan video tersebut dibalut dengan bentuk konten anak. Jadi orang tua harus mengawasi apa saja yang dilihat. Cara report video, dengan klik titik tiga di video lalu pilih report. Masukan alasan kenapa anda ingin mereport video tersebut.

Buatlah Playlist

Orang tua bisa membuat daftar tontonan di youtube, masukan video yang bagus untuk anak-anak. Yang bisa memberikan penbelajaran bagi tumbuh kembangnya. Dengan begitu orang tua, bisa memonitor apa saja video yang anak-anak lihat. Anda bisa mengubah video tersebut dua minggu atau satu bulan sekali. Supaya anak-anak tidak bosan. Anda juga bisa mendownload video tersebut dan menyimpannya di galeri. Ini akan lebih menghemat kuota internet dan lebih aman. Gaya parenting ini wajib untuk dilakukan semua orang tua.

Jalin Kedekatan dan Interaksi 

Jangan lepas kontrol, ketika anak bermain youtube. Cobalah untuk menjalin kedekatan dan interaksi. Dampingi mereka pada saat menonton video. Lihat apa saja yang mereka tonton. Lalu cobalah jalin interaksi. Anda bisa bertanya, apa yang sedang dia tonton lalu cobalah untuk menceritakan lagi ke anda. Anda juga bisa saling menjelaskan satu sama lain. Misalnya menonton video dengan kehidupan hewan. Luangkan waktu anda, untuk menjelaskan berbagai hal ke anak. Jangan pernah dibiarkan bermain gadget sendiri tanpa adanya kontrol orang tua.

Anda juga bisa memberikan batas waktu bermain youtube. Misalnya anak hanya boleh menonton youtube selama 1 jam. Setelah itu tidak boleh menonton lagi dan melakukan kegiatan lain. Orang tua juga harus memberikan contoh pada anak. Jangan terlalu sering bermain youtube di depan anak-anak. Itulah sedikit informasi parenting yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar